Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 20 Desember 2014

Perkembangan E-Commerce

      E-Commerce termasuk salah satu istilah pada ” perdagangan elektronik’ yang berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik merupakan aktivitas perdagangan yang memanfaatkan transaksi komersial, misalnya mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara elektronik.
          Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat yaitu “perdagangan web” (pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web). Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Sehingga Antara pada era 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
          E-com, atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia bisnis dan per-internet-an. Penggunaan sistem E-commerce, sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Misalnya bagi pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.
          Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.

Analisis penerapan E-commerce pada Gramedia Online dan Bukukita

GRAMEDIA
          Gramedia merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan buku dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll. Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur internet yang semakin baik dari waktu ke waktu.
          Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nanti masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
          Kalau di lihat dari sudut pandang gramedia, maka mereka melakukan sell side e-commerce . Letak e-commerce yang dilakukan pada perusahaan mereka sendiri. Menurut saya penjualan buku online yang dilakukan gramedia ini ber tipe Business to Consumer (B2C). Mereka seharusnya tidak perlu melakukan penjualan buku B2B secara online. Karena seperti yang kita ketahui mereka juga merupakan salah satu distributor terbesar yang ada di Indonesia.

Mengapa e-commerce diperlukan gramedia?
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.

Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.

Tetapi terdapat beberapa kekurangan yang saya lihat. Mereka membuat begitu banyak variasi website untuk penjualan online ini. Ketika melakukan pencarian di google dengan keyword gramedia, link-link seperti ini yang akan ditampilkan :
www.gramedia.com
www.gramediabooks.com
www.gramediaonline.com
www.gramedia-majalah.com
www.gramediacyberstore.com

Begitu banyak result yang dihasilkan ketika saya melakukan pencarian dengan keyword gramedia. Tidak ada penjelasan lebih jauh manakah website yang benar di buat gramedia. Atau semua website ini buatan gramedia?

Mungkin langkah yang perlu dilakukan jika semua website itu merupakan milik dari pihak gramedia, menghilangkan website-website yang lain dan melakukan redirect jika ternyata terdapat konsumen yang masih menggunakan nama website yang tidak terpakai.

Jika gramedia hanya memiliki 1 website, lebih baik membeli semua nama domain yang ada agar konsumen tidak dibuat bingung tentang manakah online gramedia yang harus di pilih.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari gramedia online itu sendiri.

BUKU KITA
             Bukukita merupakan salah satu web e-commerce yang bergerak di bidang pembelian buku-buku secara online. Pembelian buku-buku tersebut dapat dilakukan dengan melakukan transaksi melalui bank-bank yang terdaftar pada web tersebut.
          Proses pembelian dan transaksi dalam web tersebut cukup mudah, karena diberikan penjelasan tahapan demi tahapan. Sehingga para pembeli tidak kebingungan untuk membeli barang tersebut. Kenapa toko buku online? Karena BukuKita.com sadar, buku adalah sumber pengetahuan. Bahkan BukuKita.com mengerti, tidak semua orang punya waktu untuk pergi ke toko buku.
          Lewat BukuKita.com, masyarakat dapat melakukan pemesanan 24 jam sehari 7 hari seminggu. BukuKita.com menyediakan buku-buku baru dan menyediakan layanan antar ke seluruh Indonesia. Sampai pada saat ini, BukuKita.com telah bekerja sama dengan sebagian besar Penerbit dari seluruh Indonesia dan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk melengkapi produk yang dijual di BukuKita.com. Pada bulan Juni 2011, BukuKita.com telah beroperasi selama 5 tahun dan merupakan salah satu Toko Buku Online terlengkap dan paling ramai di Indonesia.
         Pelanggan BukuKita.com telah mencapai 90.380 orang dan terus bertambah. BukuKita.com telah melayani puluhan ribu pelanggan dan mengirimkan buku keseluruh wilayah Indonesia.
Berkat dukungan Anda dan para pelanggan, BukuKita.com telah diakui dan bekerjasama dengan Google.com Asia Pacific dan berbagai perusahaan besar lainnya.

Mengapa e-commerce diperlukan bukukita?
Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat meningkatkan jumlah penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah,

Kesimpulan
          Dari hasil analisis terhadap kedua bisnis online yaitu, Gramedia dan Bukukita. Menurut saya, yang paling sukses dalam menerapkan E- Commerce ialah Gramedia. Gramedia melakukan sell side e-commerce . Letak e-commerce yang dilakukan pada perusahaan mereka sendiri. Menurut saya penjualan buku online yang dilakukan gramedia ini ber tipe Business to Consumer (B2C). Mereka seharusnya tidak perlu melakukan penjualan buku B2B secara online. Karena seperti yang kita ketahui mereka juga merupakan salah satu distributor terbesar yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar