RIZKI MOBILKU
Anda adalah
seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas
dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel
servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan
beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang
tidak memberikan kinerja sesuai dengan
potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya,
tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk
membantu manajemen di dealer tersebut mengambil
keuntungan dari setiap peluang. Satu
hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, sang manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi
ia tidak menyadari potensi dari informasi yang
telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contohnya, Rizki
Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik
dari setiap mobil yang sudah dijualnya, tetapi
dia tidak pernah menghubungi
pemilik mobil tersebut sehubungan
dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku
mengetahui bahwa orang yang telah membeli
sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobilnya dengan mobil baru lain sekitar 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya.
Soal
1. Berdasarkan
kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan
antara data dan informasi. Data apa
yang sebaiknya diproses menjadi informasi
di Rizki Mobilku?
Perbedaan data dan informasi:
Data adalah bahan
baku yang akan diolah, sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya.
Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Data-data dari customer yang melakukan pembelian di dealer tersebut yang dapat dijadikan
informasi yang dapat berguna bagi
customer dalam hal pemeliharaan mobil rutin.
2. Apakah saran anda
terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai
keunggulan kompetitif?
Saya menyarankan agar Rizki Mobilku melakukan komunikasi berkesinambungan dengan
customer, kemudian yang kedua
adalah memberikan kinerja bagi
pada karyawannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Saran yang terakhir adalah memberikan pelayanan purna jual.
0 komentar:
Posting Komentar