Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 Desember 2014

SOFTSKILL



RIZKI MOBILKU


Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan mencari masalah, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang. Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, sang manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contohnya, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang sudah dijualnya, tetapi dia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku mengetahui bahwa orang yang telah membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobilnya dengan mobil baru lain sekitar 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya.

Soal
1.  Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?

Perbedaan data dan informasi:
Data adalah bahan baku yang akan diolah, sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya.

Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Data-data dari customer yang melakukan pembelian di dealer tersebut yang dapat dijadikan informasi yang dapat berguna bagi customer dalam hal pemeliharaan mobil rutin.

2.  Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?

Saya menyarankan agar Rizki Mobilku melakukan komunikasi berkesinambungan dengan customer, kemudian yang kedua adalah memberikan kinerja bagi pada karyawannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Saran yang terakhir adalah memberikan pelayanan purna jual.

0 komentar:

Posting Komentar